Apakah Anda merupakan seorang pelaku usaha berskala besar yang sedang ingin memilih perusahaan logistik untuk sewa truk angkutan barang? Kami menyarankan Anda untuk menggunakan sistem FTL atau Full Truck Load. Secara sederhana FTL adalah sistem di mana konsumen menyewa truk secara penuh. Truk yang disewa dengan sistem FTL dapat diisi hanya dengan barang dari perusahaan Anda saja tanpa harus khawatir terganggu dengan proses pengiriman barang dari perusahaan lain.
Ada berbagai jenis truk yang digunakan untuk sistem FTL ini dengan berbagai kapasitas dan volume sesuai dengan kebutuhan Anda dan biasanya perusahaan akan membantu memilihkannya. Berikut merupakan beberapa keuntungan menggunakan sistem FTL saat mengirimkan barang:
- Harga cenderung lebih terjangkau
- Aman dan cepat untuk pengiriman barang berkapasitas berat dan beresiko tinggi
- Tidak rumit sebab persyaratannya mudah
- Tersedia berbagai jenis truk sesuai dengan kebutuhan
Tetapi sebelum Anda memilih perusahaan logistik untuk digunakan jasanya, ada baiknya memperhatikan 5 aspek yang telah kami rangkum di artikel ini. Bagaimana tidak, pengiriman barang dengan jasa logistik membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jangan sampai Anda kecewa atau bahkan merugi karena memilih perusahaan yang salah.
Kriteria perusahaan logistik tempat sewa truk angkutan barang FTL yang kurang bagus
1. Perusahaan tidak memiliki legalitas
Sudah seharusnya setiap perusahaan memiliki izin resmi berbadan hukum. Salah satu fungsi legalitas adalah untuk menjamin hak konsumen. Apabila sebuah perusahaan tidak memiliki izin resmi, maka resiko terjadinya penipuan akan menjadi sangat tinggi. Oleh karena itu pastikanlah legalitas ini sebelum memilih perusahaan logistik.
2. Pelayanan tidak profesional
Perusahaan logistik yang kurang bagus bisa langsung tercermin lewat pelayanannya yang tidak profesional. Berikut merupakan beberapa contoh pelayanan tidak profesional pada perusahaan logistik:
3. Karyawan melayani dengan tidak ramah
Pernahkah Anda mendapat respon lambat dan kecut ketika hanya ingin sekedar bertanya-tanya tentang jasa yang ditawarkan pada sebuah perusahaan? Kalau pernah, hal tersebut mencirikan perusahaan dengan pelayanan yang tidak profesional. Sebaiknya Anda berpikir 2 kali untuk menggunakan jasa perusahaan logistik apabila pelayanannya buruk. Bisa-bisa komunikasi ke depannya akan berjalan tidak lancar dan penuh dengan miskomunikasi.
4. Driver dan admin logistik tidak berpengalaman
Driver dan admin logistik yang tidak berpengalaman akan sangat membahayakan pengiriman barang Anda. Sebab umumnya barang yang dikirim menggunakan truk tergolong beresiko tinggi. Apa lagi jika dikirim oleh driver yang tidak berpengalaman bisa-bisa barang sampai dalam keadaan tidak utuh. Ditambah lagi jika sebelum dikirim barang Anda dikelola oleh admin logistik yang tidak memahami karakteristik barang, bisa-bisa sebelum masuk ke dalam truk pun barang Anda sudah rusak. Sudah jatuh tertimpa tangga!
5. Tidak bisa tracking barang
Perusahaan logistik di era digital seperti sekarang sudah seharusnya memiliki berbagai sistem dan fitur pada website atau bahkan aplikasi resmi milik perusahaan demi meningkatkan kenyamanan konsumen selama menggunakan jasanya. Salah satu layanan terpenting yang harus dimiliki perusahaan logistik adalah fitur tracking barang untuk memudahkan konsumen dalam melacak barang yang sedang dikirimkan.
Apabila perusahaan logistik yang Anda pilih belum memiliki layanan yang satu ini maka Anda perlu berpikir dua kali untuk menggunakan jasanya. Kalau Anda merasa akan aman dan baik-baik saja sih tidak masalah.
6. Hanya menang di harga murah saja
Jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh perusahaan logistik, di sisi lain tidak ada layanan penunjang dan jaminan yang diberikan. Sejatinya mengantarkan barang bermuatan banyak adalah pekerjaan berat dan tanggung jawabnya besar. Oleh karena itu ada baiknya Anda meluangkan budget lebih banyak dan memilih perusahaan profesional yang sudah terjamin segala aspek keamanannya.
7. Tidak menawarkan garansi dan jaminan
Selama proses pengiriman barang melalui jalur darat pasti ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi seprofesional apapun perusahaan logistiknya. Oleh karena itu garansi dan jaminan mutlak dibutuhkan. Apabila perusahaan logistik yang Anda pilih tidak menyediakan layanan ini, Anda perlu khawatir dan sebaiknya mencari perusahaan lain saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
8. Tidak memiliki portofolio
Jam terbang adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan sebab akan menentukan kredibilitas dan sejauh apa pengalaman perusahaan tersebut. Biasanya jam terbang ini akan tersaji dalam bentuk portofolio yang bisa ditemukan dan diakses dengan mudah oleh calon konsumen baik melalui website maupun media sosial resmi milik perusahaan.
Begitu pula dengan perusahaan logistik, apabila tidak memiliki portofolio bagaimana konsumen akan mempercayai dan menggunakan jasanya? Apalagi di era teknologi seperti sekarang, rekam jejak digital seringkali menjadi “wajah” bagi setiap perusahaan bahkan individu.
Oleh karena itu apabila perusahaan logistik yang Anda pilih tidak memiliki portofolio baik yang berbentuk hardcopy atau pun digital, sebaiknya mengurungkan niat untuk menggunakan jasanya saja. Kinerja yang baik tanpa adanya bukti akan menjadi tidak berarti di zaman seperti sekarang.
Baca juga : Ini Prosedur Penggunaan Jasa Pengiriman Cargo Via Darat
Sekian artikel mengenai kriteria perusahaan logistik tempat sewa truk angkutan barang FTL yang kurang baik, semoga dapat memberikan pandangan baru bagi Anda. Apabila Anda membutuhkan jasa angkutan barang dengan sistem FTL jangan ragu untuk menggunakan jasa dari yosualogistik.co.id, kami adalah perusahaan logistik profesional yang berpusat di Jakarta. Berikut beberapa kelebihan menggunakan jasa kami:
- Berpengalaman selama 30 tahun lebih
Pengalaman selama 30 tahun ini membuat kami berani memberikan jaminan mutu. Perjalanan ini jugalah yang membuat kami berkembang dan semakin kompeten dalam memahami kebutuhan konsumen.
- Karyawan profesional dan berfokus pada pelanggan
Staf YOSUA adalah orang-orang terpilih yang sudah kompeten di bidangnya, serba bisa, tetapi tetap memiliki rasa ingin belajar yang tinggi karena bekerja di industri yang dinamis. Kami selalu berusaha memahami dan memenuhi keinginan konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik.
- Kondisi armada yang prima
Kondisi armada kami prima dilengkapi dengan tenaga mekanik kompeten yang selalu melakukan in house regular checking sebelum memberangkatkan truk ke konsumen. Dengan demikian kami dapat meminimalisir resiko kerusakan dan menjamin kondisi barang konsumen sampai tiba di tujuan.
- Pengiriman tepat waktu
Setiap pengiriman yang dilakukan akan dijamin sampai tepat waktu dan selamat sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan antara konsumen dan perusahaan.
- Selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan
Tentunya kami menyediakan layanan jaminan asuransi, GPS tracker, call centre, dan memberikan safety kit lainnya yang dapat digunakan di tempat penerima. Sehingga dapat meningkatkan kenyamanan konsumen dalam menggunakan jasa kami.
- Pusat pelayanan 24 jam nonstop
Kami memiliki call centre yang siap sedia melayani Anda selama 24 jam nonstop. Oleh karena itu tidak perlu khawatir karena kami akan selalu ada untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.
Untuk kebutuhan logistik, angkutan, kargo, kontainer silahkan hubungi