baut roda truk

Baut Roda Truk Sebelah Kiri Sering Rusak? Kenali Penyebabnya

Baut roda truk kerap menimbulkan permasalahan bagi pemiliknya ketika akan mengganti ban truk. Kendala yang dihadapi umumnya berupa kondisi mur sudah tua atau bagian bautnya yang macet.

Sementara mengganti ban ketika sudah memasuki umurnya, perlu melewati tahap pelepasan baut terlebih dahulu. Selain itu, permasalahan baut pada roda truk yang rusak biasanya juga muncul ketika pemiliknya dalam kondisi darurat.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda diwajibkan tidak hanya memperhatikan kesehatan ban truk saja, melainkan komponen-komponennya. Perlakuan terhadap komponen pada roda truk akan berpengaruh terhadap keawetan ban tersebut.

 

Mengenal Penyebab Baut Roda Truk Sebelah Kiri Sering Rusak

Dalam beberapa kondisi darurat seperti pecah ban atau bocor, pemiliknya wajib memahami bagaimana cara mengganti sendiri bannya dengan ban serep. Atau misalnya ban tersebut sudah waktunya untuk diganti.

Pada saat itulah, tidak jarang Anda akan menemukan kondisi di mana baut roda terasa keras sekaligus tidak bisa diputar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Pertama, biasanya karena terdapat karat pada bagian ulir atau drat mur dan baut ban truk. Munculnya karat tersebut merupakan akibat dari proses oksidasi di sela-sela drat kecil sehingga jarang diperhatikan pemiliknya.

Kedua, disebabkan oleh drat mur atau baut roda yang telah aus. Hal ini biasanya dipicu oleh pemaksaan ketika dilepaskan. Pemaksaan tersebut juga bisa timbul karena ketika awal-awal pemasangan mur terlalu kencang.

Ketiga, permasalahan baut roda sering rusak disebabkan oleh penggantian mur roda yang ukurannya tidak sesuai standar. Misalnya ukurannya kekecilan tapi dipaksa agar bisa dipasang.

Kondisi tersebut bisa saja terjadi karena pemilik truk memilih mengganti mur atau peleknya dari produk aftermarket. Sementara itu ukuran ulirnya bisa saja tidak pas atau tidak sama dengan ukuran standarnya.

Baca juga : Ini Dia Jasa Bengkel Body Repair Truk Terpercaya di Jakarta

 

Tips Mengatasi Baut Roda Truk Sebelah Kiri yang Rusak

dimensi truk tronton

Untuk menghindari kondisi mur maupun baut rusak pada roda truk, Anda perlu memahami cara perawatan dan pencegahannya. Berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi baut roda yang sering rusak.

1. Gunakan Cairan Penetran

Gunakan cairan penetran sebagai pelumas terlebih dahulu. Semprotkan cairan penetran ke area baut untuk menghilangkan debu halus maupun karat antara mur dengan bautnya.

2. Pakai Alat Bantu untuk Memutar Mur Roda

Langkah kedua adalah menggunakan alat bantu untuk memutar mur rodanya. Kemana arah membuka baut? Setelah disemprotkan cairan penetran, Anda dapat memutar baut ke arah kanan.

Sedangkan untuk melepaskannya bisa diputar ke arah kiri. Manfaatkan alat bantu pemutar seperti alat ungkit berkuran panjang yang disambungkan ke kunci ban sehingga ketika melepaskan mur dan baut jauh lebih mudah.

3. Gunakan Kunci Momen atau Kunci Torsi

Tips selanjutnya adalah menggunakan kunci momen atau torsi sesuai rekomendasi pabrikan. Tetapi jika tidak memiliki kunci momen, sebaiknya pemasangan mur dan baut tidak berlebihan.

4. Pasangkan Mur Roda Secara Menyilang

Agar daya ikatnya merata, sebaiknya mengencangkan mur maupun baut roda tidak dilakukan secara berurutan karena truk bisa goyang ketika kecepatan tinggi. Ini berpotensi membuat baut bannya patah atau rusak.

Selain itu, pemasangannya harus dibuat secara menyilang dan bertahap. Hal ini bertujuan agar daya tekannya seimbang ke seluruh baut.

5. Lakukan Rotasi Ban Secara Berkala

Tips mengatasi baut roda rusak selanjutnya adalah rajin melakukan rotasi ban secara berkala. Rotasi ban dipercaya bisa mencegah mur dan baut yang sulit dibuka dan sebaiknya dilakukan setiap 10.000 km.

6. Rajin Bersihkan Baut dan Mur Roda

Langkah terakhir adalah rajin membersihkan baut maupun mur roda. Pastikan tidak ada kotoran, debu, ataupun karat menempel. Rajinlah melumasi mur dan baut menggunakan gemuk atau grease supaya mudah dibuka.

 

Hal-hal yang Harus Dipahami tentang Baut Roda Truk

Baut yang bisa direkomendasikan untuk digunakan pada ban truk adalah berbahan baja hitam. Bukan tanpa alasan, pemilihan bahan baja hitam dikarenakan spesifikasinya kuat, tidak mudah memuai, dan tidak mudah berkarat.

Baut roda bagian kiri memang lebih cepat rusak dan aus karena sisi kiri truk biasanya lebih sering jeblos. Apalagi karakter jalan di Indonesia adalah sisi kiri lebih rendah daripada bagian tengah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perhatikan bagian putaran baut agar tidak terlalu kendor maupun terlalu kencang. Secara hitungan, kekuatan baut roda pada kendaraan truk mencapai 12-16 Nm.

Jika lebih kencang dari hitungan tersebut bisa berisiko mengalami selek atau alur baut yang terkikis. Selain itu, pemasangan baut roda truk terlalu kencang berisiko menyebabkan ban lepas ketika kendaraan sedang berjalan.

Alur bautnya yang licin juga berpotensi terlepas sendiri. Ketika akan melakukan bongkar pasang ban, sebaiknya lakukan saat suhu rida sedikit lebih dingin karena pemuaian terjadi ketika panas berpindah dari sistem pengereman.

Jadi pastikan agar mur masuk ke dalam baut secara lurus. Kencangkan mur hingga sampai pada tahap tidak dapat diputar lagi menggunakan kekuatan tangan. Pada pengencangan tahap kedua, sebaiknya turunkan dongkraknya dahulu.

Hal ini dilakukan karena jika masih terdapat celah antara roda bearing bisa mengakibatkan baut ban truk miring. Jadi pastikan supaya mur, roda, dan bearing sudah mentok.

 

Selalu Antisipasi Kerusakan Dini pada Baut Roda Truk

sewa tronton Jakarta

Kerusakan dini pada baut roda kendaraan truk harus diantisipasi. Namun tahukah Anda apa fungsi baut roda? Yaitu sebagai pegangan velg supaya tetap terpasang di tempatnya sehingga kendaraan dapat berjalan optimal.

Adapun antisipasi terhadap kerusakan dini pada baut ban truk tersebut bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Periksalah Bearing Roda

Gejala umumnya adalah muncul bunyi gesekan dari dalam roda saat truk sedang berjalan. Meskipun terdengar halus, namun bisa berakibat fatal. Tanda lainnya adalah roda terasa longgar sehingga kurang responsif dengan setirnya.

2. Cek Kondisi Roda dan Hub

Saat mengganti ban baru, periksalah kondisi roda dan hub terlebih dahulu. Pastikan tidak ada kotoran, minyak, karet, maupun kotamin lainnya yang mengendap atau bahkan menimbulkan ruang antara sambungan.

3. Pastikan Torsi Pengencangan Sudah Tepat

Antisipasi dini pada baut roda truk berikutnya adalah memastikan torsi pengencangannya sudah tepat sesuai standar. Hindari palu untuk mempererat torsi karena kekuatan pengencangannya berbeda-beda tergantung jenis mur, roda, serta peleknya.

4. Lakukan Inspeksi Harian

Tips terakhir adalah melakukan pengecekan harian oleh pengemudi truk itu sendiri maupun mekaniknya. Sehingga bisa dideteksi gejala ban aus, tidak normal, ada bekas gemuk, goresan gasket, dan sebagainya.

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan memerlukan kendaraan besar untuk distribusi, percayakan pada Yosua Logistik. Pengecekan harian secara berkala juga kami lakukan sebagai perusahaan armada terpercaya.

Dikerjakan oleh mekanik berpengalaman dan handal di bidangnya, Yosua Logistik menjamin penggunaan produk mesin berkualitas. Mulai dari kendaraan niaga ringan hingga berat dapat Anda pilih untuk distribusi jarak dekat maupun jauh.

Kami menyediakan beragam layanan jasa untuk memenuhi kebutuhan Anda. Kunjungi laman website Yosua Logistik https://yosualogistik.co.id/ atau langsung menghubungi via WhatsApp dibawah ini.

Truk sebagai kendaraan lebar dan besar berisiko tinggi mengalami kecelakaan lalu lintas. Untuk menjamin keselamatan selama perjalanan, keamanan roda merupakan wajib diperhatikan, salah satunya dengan pemeliharaan baut roda truk.

 

 Baca juga : Tips Cari Bengkel Otomotif Khusus Truk Terpercaya

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *