Layanan Angkutan Pindahan

Kenali Ukuran Bak Truk CDD untuk Logistik

Pada dasarnya, perbedaan ukuran bak truk CDD dibedakan dari bentuk karoserinya. Truk CDD atau Colt Diesel Double merupakan alat transportasi ekspedisi bermesin 4 silinder. Truk ini sering digunakan untuk mengantar barang di bawah 5 ton dari satu tempat ke tempat lain.

Perusahaan jasa ekspedisi banyak menggunakan truk CDD karena lincah dan ramping. Ukurannya yang kecil dapat digunakan untuk mengirim barang sampai ke tempat terpencil. Tentu saja truk CDD menjadi alat transportasi utama untuk mengirim logistik ke pelosok daerah.

Selain mobil pick-up, truk CDD menjadi opsi terbaik dengan kapasitas bak yang lebih besar. Bak truk CDD untuk logistik umumnya ada dua jenis yaitu bak tertutup dan box terbuka. Ukuran bak truk CDD terbuka dan tertutup tentunya berbeda, sehingga Anda harus mengetahuinya.

Untuk keperluan logistik, kedua jenis karoseri memiliki tipe muatannya masing-masing. Contoh seperti logistik hasil alam dan logistik hasil olahan, kedua transportasi logistik berbeda. Dengan mempelajari perbedaan fungsi, Anda bisa memilih bak truk CDD sesuai kegunaannya.

 

Baca Juga: Sebelum Menyewa, Yuk Ketahui Kapasitas Truk CDD

 

Ukuran Bak Truk CDD pada Umumnya

Saat ini, truk CDD hanya memiliki dua ukuran berbeda yaitu Medium dan Long. Truk medium bisa dikategorikan sebagai produk standar pabrikan. Sedangkan truk bak Long merupakan komponen yang sudah dimodifikasi karoserinya agar ukuran jadi lebih besar dan kapasitasnya luas.

Spesifikasi bak truk CDD baik itu medium atau Long dapat dilihat dari panjang karoserinya. Untuk karoseri bak medium, spesifikasi ukuran panjangnya 450 cm, lebar 200 cm dan tinggi 200 cm. DI sisi lain bak Long memiliki panjang 530 cm, lebar 200 cm dan tinggi 210 cm.

Kedua bak truk tersebut dibedakan dari panjang karoseri dan diameter ruangnya. Panjang truk medium hanya 450 cm, sedangkan bak long 530 cm. Lalu diameternya berbeda yang medium itu hanya 26 CBM sedangkan diameter bak long bertambah sampai 41 CBM.

Ukuran bak truk CDD terlihat berbeda hanya karena diperpanjang karoserinya. Tentu saja berat yang ditampung juga ikut terpengaruh dari bak medium 5 ton, sampai bak Long 6 ton. Mengikuti standar pabrikan, biasanya pengiriman barang-barang logistik menggunakan bak medium.

Banyak ditemukan truk bak medium di desa hingga dataran tinggi. Bentuk kendaraan yang kecil menjadi kelebihan dan semua orang sudah memahaminya. Setelah mengetahuinya, kirim barang logistik Anda menggunakan truk bak terbuka medium untuk keberlangsungan warga sekitar.

 

Mengapa Truk CDD banyak Digunakan untuk Logistik?

Truk CDD merupakan salah satu alat transportasi terpopuler di Indonesia, sehingga tidak heran jika digunakan untuk logistik. Tentu saja ada beberapa alasan yang menyebabkan truk CDD dipilih sebagai pengantar logistik. Anda dapat melihat alasannya pada penjelasan di bawah ini.

1. Lincah

Ukurannya yang kecil tidak menghambat kelincahan alat pengantar satu ini. Truk colt diesel menggunakan mesin bertenaga 3908 CC dengan kecepatan maksimum 112 Km/jam. Cukup untuk mengantarkan barang logistik ke lokasi tujuan dalam kurun waktu cepat.

Tenaga mesin 136/2900 (PS/rpm), bisa digunakan untuk menanjak di dataran tinggi. Ketika menanjak membawa beban penuh, truk CDD masih sanggup untuk menanjak. Karena hal ini, truk sering ditemukan berlalu larang di dataran tinggi dan kawasan pedesaan.

2. Ramping

Alasan kedua ialah badan truknya yang kecil dan ramping. Cocok untuk ke pemukiman warga setempat, sehingga logistik dapat dikirimkan dengan selamat. Ukuran bak truk CDD kecil dan tidak mengganggu aktivitas warga setempat ketika melewati jalanan yang sempit.

Contoh sederhana seperti kawasan Jakarta yang banyak berlalu lalang truk CDD. Bak standar pabrikan digunakan karena memang menyesuaikan kondisi sekitar. Biasanya bak Long selalu digunakan untuk ekspedisi jarak jauh karena kapasitasnya dibuat lebih besar.

3. Fleksibel

Selanjutnya adalah fleksibel karena truk bisa dimasukkan berbagai jenis logistik. Baik itu obat, minuman, makanan, hasil alam mentah, barang medis hingga produk jadi, semua bisa masuk ke dalam truk. Ekspedisi truk CDD juga sering dilakukan karena baknya yang fleksibel.

Kefleksibilitasan truk CDD juga tidak hanya di barang bawaannya saja. Melainkan tipe karoseri yang dapat dipasangkan ke bagian belakang chasisnya. Truk CDD dapat dipasangi bak kayu, box tertutup dan box pendingin karena karoserinya bisa dimodifikasi.

4. Kapasitas Besar

Ukuran bak truk CDD menawarkan kapasitas maks sampai 6 ton untuk Long dan 5 ton yang sesuai standar. Kapasitas barang bawaannya besar sehingga banyak orang menggunakannya. Cocok untuk mengirimkan berbagai jenis logistik sekaligus ke tempat-tempat terpisah.

Kapasitasnya yang besar juga memudahkan kita untuk mendistribusikan barang. Dalam satu kali pengiriman, kita dapat membawa logistik untuk berjauh-jauh hari. Jadi tidak perlu pergi lama, karena dalam sekali perjalanan semua sudah dikirimkan dengan mudah.

5. Murah

Terakhir tentu saja harganya yang terjangkau dan bisa digunakan oleh siapa saja. Ukuran bak truk CDD yang besar bisa didapatkan dengan harga terjangkau. UMKM dan perusahaan kecil disarankan membeli truk CDD untuk mempermudah mobilisasi logistik ke area tujuan.

Jika belum bisa membelinya, Anda juga dapat menyewa truk CDD ini. Jasa persewaan pasti menawarkan harga termurah sesuai spesifikasinya. Truk CDD dengan mesin empat silinder ini layak dinobatkan sebagai kendaraan logistik terbaik karena kelebihan di atas.

 

Cara Menjaga Barang Logistik agar Tetap Aman saat Dikirim

Untuk memaksimalkan alat transportasi, barang logistik harus dikemas dengan baik. Tujuannya agar barang bisa selamat sampai tujuan tanpa ada kendala. Kemasan bahan pakan dan sandang harus dibedakan karena ini akan mempengaruhi faktor ukuran bak truk CDD.

Kasus sederhana Anda ingin mengirim logistik berupa makanan dan minuman ke desa tertentu. Jika pengemasannya tidak maksimal, barang akan rusak sampai ke tujuan. Oleh sebab itu, ada waktu dan perkiraan jarak yang perlu diketahui agar logistik bisa sampai dengan selamat.

Kerapatan barang dalam bak juga harus diperhatikan gar tidak terlalu longgar. Ketika posisi truk berguncang dan kemasan tidak erat, maka barang bisa rusak. Pengemasan adalah salah satu kunci keberhasilan dalam mengirim logistik ke tempat-tempat terpencil.

 

Gunakan Jasa Persewaan Truk CDD Berkualitas

Selain pengemasan, cara menjaga barang lainnya adalah menggunakan sopir berpengalaman. Kondisi truk juga mempengaruhi barang logistik yang dibawa di dalamnya. Ukuran bak truk CDD jadi semakin optimal jika pengemasannya benar dan efektif memenuhi seluruh ruang.

Untuk mendapatkan sopir berpengalaman, Anda bisa gunakan layanan Yosua Logistik. Dengan layanan Yosua, barang Logistik dijamin sampai tujuan selamat. Armada truk CDD siap dikerahkan untuk menjawab semua kebutuhan Anda dalam mengirimkan logistik.

Informasi lebih lanjut mengenai armada truk CDD bisa dilihat di https://yosualogistik.co.id. Dari situs tersebut, Anda bisa lihat armada truk beserta layanan lainnya. Formulir pendaftaran untuk meminta penjemputan jasa ekspedisi juga tersedia opsinya di bagian pojok kanan atas.

Konsultasikan kebutuhan Anda terkait barang logistik dengan menghubungi Call Center Yosua. Hubungi nomor WA  untuk dapat berkonsultasi dengan ahlinya. Dengan Yosua, logistik pasti dikirimkan ke lokasi tujuan menyesuaikan ukuran bak truk CDD.

 

Baca Juga: Mengenal Macam Ukuran Truk CDD dan Fungsinya

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *