Perawatan truk secara berkala sangat penting dilakukan agar selalu dalam kondisi prima ketika akan digunakan. Apalagi, melewatkan pengecekan kondisi mesin bisa sangat membahayakan pengemudi maupun pengendara lain di jalan.
Bukan hanya itu saja, kendaraan niaga ini memiliki cukup banyak komponen penting, salah satunya adalah gardan diferensial. Fungsi gardan sendiri sangat berguna ketika akan berbelok sehingga tidak terjadi slip.
Sementara itu, fungsi perawatan berkala adalah menghindari beberapa trouble atau permasalahan yang sering sekali terjadi pada kendaraan besar ini. Permasalahan ini cukup sering dialami truk tambang, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada jenis lain.
Komponen Gardan Truk yang Wajib Diketahui
Baik melakukan perawatan maupun perbaikan kendaraan, sudah seharunya menggunakan layanan jasa terpercaya dan handal. Apalagi keadaan mesin yang optimal tidak hanya memberikan kenyamanan, namun juga menjaga keselamatan pengemudi.
Komponen gardan truk merupakan salah satu yang paling penting sehingga harus dirawat dengan baik. Berikut adalah beberapa komponen dari gardan truk sekaligus penjelasan dan fungsinya.
1. Drive Pinion Gear
Roda gigi ini memiliki bentuk nanas, berfungsi sebagai pemutar atau drive gear sehingga tenaga dari poros propeller tersalurkan ke rangkaian gardan. Bentuknya seperti nanas disebut hypoid gear, merupakan bentuk paling efisien dan lembut dalam menyalurkan tenaga.
2. Drive Pinion Shaft
Drive pinion shaft menjadi salah satu yang tidak boleh terlewat dalam perawatan truk. Poros roda gigi pinion terletak menyatu atau tersambung permanen dengan drive pinion gear dan berfungsi sebagai penyalur putaran dan poros propeller.
3. Ring Gear
Ring gear merupakan roda gigi dengan ukuran besar, bentuknya menyerupai cincin. Fungsinya sendiri adalah menerima putaran daru pinion drive gear, keduanya disebut rangkaian final gear karena letaknya di akhir sistem powertrain.
4. Differential Carrier
Komponen ini disebut juga dengan differential case yang berfungsi untuk casing atau tempat meletakkan beragam komponen gardan. Beberapa komponen yang ada di dalamnya seperti ring gear, spider gead, maupun side gear.
5. Speader Gear
Dalam perawatan truk, juga sangat penting memahami fungsi speader gear sebagai gigi pembeda putaran. Jumlahnya sendiri ada dua, terletak 90 derajat pada side gear sehingga tumpuan kendaraan akan condong ke sisi dalam ketika berbelok.
Dengan adanya komponen ini, roda bagian dalam akan lebih berat dibandingkan luar. Sementara itu, jika berada di jalanan lurus maka spider gear akan diam walaupun ring berputar dengan cukup kencang.
6. Spider Gear Shaft
Fungsi komponen ini adalah sebagai poror sehingga gerakan spider gear akan lebih mudah. Meskipun terdapat dua spider gear, namun porosnya hanya akan ada satu. Inilah kenapa posisi spider gear akan saling berhadapan.
7. Side Gear
Fungsi dari side gear adalah menerima putaran untuk nantinya diteruskan ke axle shaft. Hasil proses pembedaan putaran oleh spider gear akan dihubungkan ke komponen ini secara langsung ke poros propeller.
8. Axle Shaft Bearing
Perawatan truk juga tidak terlepas dari fungsi axle shaft bearing yang menjadi alas komponen berputar pada casing yang diam. Bantalannya ada dua, masing-masing terletak di kanan dan kiri gear.
9. Adjuster Nut
Adjuster nut disebut juga mur penyetel celah final gear, artinya gerakan pinion akan berputar sebelum final gear bergerak. Besar kecilnya celah akan memberi pengaruh kinerja gardan secara keseluruhan sehingga harus rutin menyetel dan memutar adjuster nut ini.
10. Bearing Cap
Merupakan komponen terakhir yang berfungsi menahan bearing as roda di dekat side gear. Meskipun hanya menahan bearing, namun secara tidak langsung komponen satu ini juga menahan seluruh rangkaian gardan dalam axle shaft housing.
Baca juga : Ini Dia Jasa Bengkel Body Repair Truk Terpercaya di Jakarta
Perawatan Truk agar Tetap Awet
Setelah mengetahui komponen-komponen pentingnya, sangat penting juga Anda mengetahui perlunya perawatan pada truk. Sebab ada cukup banyak pemilik kendaraan ini tidak rutin perawatannya sehingga menyebabkan kerusakan yang tentu akan merugikan.
Cara merawatnya sendiri bukan hal yang sulit dilakukan, Anda hanya cukup mengikuti standar dari buku petunjuknya. Selain itu, ada juga beberapa cara yang dapat dilakukan agar kendaraan tetap awet dan sehat.
Cara perawatan truk pertama adalah memperhatikan masa perawatannya secara periodik. Setiap kendaraan pasti memiliki masa perawatan berkala, misalnya setelah beroperasi dalam jarak 10 ribu kilometer atau mengganti filter udara atau oli setelah jarak 20 kilometer.
Kedua, Anda harus melakukan pemeriksaan wajib setiap hari untuk memastikan truk dalam keadaan sehat dan siap beroperasi. Daily inspection ini perlu dilakukan pada sistem rem, tekanan angin ban, juga fungsi komponen lainnya.
Terakhir, pengendara juga harus mengetahui setiap fitur yang ada pada dashbor. Setiap fitur yang tersedia memiliki fungsi agar kinerja truk lebih ringan. Oleh sebab itulah pengendara harus memaksimalkan semua fungsi dari fiturnya.
Trouble Umum yang Terjadi pada Truk
Salah satu manfaat perawatan truk adalah menghindari beberapa trouble atau permasalahan yang cukup umum terjadi. Berikut beberapa permasalahan yang sering terjadi pada truk tambang maupun kendaraan niaga lainnya.
Pertama, as roda patah karena muatan melebihi batas maksimal atau kurangnya perawatan pada kaki-kaki truk sehingga komponennya melemah. Jika tidak dirawat dengan baik, komponen pada kaki bisa berkarat dan keropos karena tertutupi kotoran.
Permasalahan yang sering terjadi selanjutnya adalah ban pecah. Sama halnya seperti as roda patah, ban pecah juga dapat menyebabkan truknya hilang kendali bahkan terbalik jika sampai meletus, sebab bagian ini menjadi tumpuan kendaraan.
Kurangnya perawatan truk juga dapat menyebabkan rem blong, hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi pengemudi maupun pengendara lain. Biasanya kendaraan 20 ton ke atas memiliki sistem pengereman dengan sistem rem udara dan tidak menggunakan minyak.
Kopling aus juga seringkali terjadi karena kendaraannya terlalu sering membawa beban kendaraan sehingga berpengaruh pada lajut kendaraan. Kelalaian pemilik juga dapat menjadi alasan timbulnya permasalahan ini.
Kopling aus karena kurang perawatan truk menyebabkan kendaraan tidak dapat berjalan meski putaran mesin sudah tinggi. Terkadang, truknya bisa berjalan namun rawan selip sebab gigi transmisi sulit berpindah sehingga akan membahayakan terutama di jalan menanjak.
Terakhir adalah transmisi berpindah karena gerigi pada gear tidak menggigit secara sempurna. Permasalahan ini sangat berbahaya jika truknya sedang beroperasi dengan membawa beban berat.
Rekomendasi Service dan Perawatan pada Truk
Perawatan truk secara berkala selain dilakukan sendiri setiap hari juga perlu dibawa ke layanan jasa service terpercaya. Mekanik berpengalaman akan memeriksa setiap detail komponennya agar dapat dilakukan perawatan maupun perbaikan.
Yosua Logistik menjadi rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin merawat maupun memperbaiki kendaraan niaga ini. Kami memberikan layanan optimal sebab kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama.
Kami melayani beragam jenis kendaraan, termasuk perawatan dan service dump truck. Kami hanya menyediakan produk sparepart berkualitas sehingga mesin kendaraan Anda akan lebih awet dan sehat.
Anda dapat langsung melihat beragam informasi layanan kami di website https://yosualogistik.co.id/ atau menghubungi nomor WA kami. Kami siap melayani setiap kebutuhan Anda.
Truk merupakan salah satu kendaraan niaga yang sering digunakan dengan berbagai komponen penting di dalamnya. Oleh sebab itulah, perawatan truk harus dilakukan secara rutin agar tidak menimbulkan permasalahan yang membahayakan pengemudi.
Baca juga : Begini Cara Merawat Truk Canter agar Performa Tetap Prima