cara jumper aki truk

Berikut Cara Jumper Aki Truk Ketika Susah Menyala

Cara jumper aki truk adalah hal yang harus dipahami oleh para supir ketika mesin truk yang tiba-tiba susah dinyalakan. Biasanya tiba-tiba di mana truk susah dihidupkan meski sudah distarter berulang kali.

Meskipun solusinya adalah membawa truk ke bengkel, namun pengetahuan mengenai cara menjumper truk sangat penting. Apalagi jika situasi kondisi seperti ini terjadi pada saat-saat darurat.

Selain umur yang telah usang, terkadang penyebab aki susah menyala adalah kapasitas aki yang tidak sesuai. Cara jumper aki truk akan memancing aki yang sudah mati tadi agar dapat bekerja kembali.

Oleh karena itu, perlu adanya aki dari truk lain yang kondisinya masih bagus. Aki dari kendaraan dengan kondisi baik tersebut berfungsi sebagai pendonor bagi aki yang mati.

 

Bagaimana Cara Jumper Aki Truk Ketika Susah Menyala?

aki truk engkel

Menghidupkan aki mati atau soak bisa dilakukan dengan cara jumper. Jumper sendiri sangat mudah, namun Anda perlu menyiapkan peralatan memadai dan hati-hati melakukannya. Lalu bagaimana langkah-langkah jumper aki? Berikut penjelasannya.

1. Persiapkan Peralatan Jumper Aki truk

Langkah pertama saat melakukan jumper aki truk adalah mempersiapkan peralatannya. Alat-alat yang diperlukan tidak banyak, hanya aki dari kendaraan dengan kondisi bagus dan kabel jumpernya.

Jadi aki yang akan digunakan sebagai pendonor berasal dari truk lain masih optimal. Lebih baik gunakan aki dari kendaraan truk sejenis dengan kondisi voltase atau daya listrik akinya dalam keadaan baik.

2. Gunakan Kabel Jumper Berkualitas

Cara jumper aki truk selanjutnya adalah menyiapkan kabel jumper berkualitas atau disebut juga sebagai kabel pemancing. Kabel pemancing ini berfungsi untuk memancing aki lemah atau soak tadi supaya kinerjanya kembali lancar.

Maka dari itu pastikan agar aki dari kendaraan lain tadi sudah terisi daya sehingga kelistrikannya dapat berfungsi dengan baik. Semakin baik kualitas penghantarnya, maka arus listrik yang dihantarkan juga semakin bagus.

Kualitas kabel jumper yang buruk dapat berpotensi menimbulkan adanya kebocoran. Dalam beberapa kondisi bisa mengakibatkan konslet dan kebakaran. Jadi pastikan kualitasnya baik, kuat, arus voltasenya tepat, dan terpasang dengan benar.

3. Siapkan Aki dari Truk Lain yang Kondisinya Masih Baik

Tahukah Anda berapa lama umur aki? Umumnya pemakaian aki direkomendasikan ketika sudah mencapai 50.000 km atau sekitar 2 tahun. Tetapi kondisi ini tidak dapat digeneralisasikan karena bisa saja kurang atau lebih.

Jika sudah melebihi usia rekomendasi tersebut, aki akan mengalami kekeringan sehingga mesin sulit dihidupkan. Jika sudah begini, maka langkah yang dapat Anda lakukan dalam kondisi darurat adalah melakukan jumper aki.

Anda dapat menyiapkan kendaraan atau truk sejenis lainnya dengan kapasitas mesin yang sama atau lebih besar. Tujuannya adalah untuk mengangkat daya di awal sehingga daya voltasenya dapat kembali berfungsi normal.

4. Dekatkan Mobil Aki Truk Lain Tersebut ke Truk yang Mogok

Cara jumper aki truk berikutnya adalah dengan mendekatkan mobil aki truk lain ke truk yang yang mogok. Untuk melakukan tahap ini, Anda dapat melakukan beberapa langkah-langkah yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Dekatkan truk dengan kondisi aki optimal ke truk yang akinya soak atau mati.
  2. Atur posisi kedua truk tersebut agar saling bersebelahan atau berhadap-hadapan karena kabel pemancing atau kabel jumper tidak begitu panjang.
  3. Apabila kabel jumper sangat pendek, sebaiknya lepas aki milik truk yang kondisinya masih optimal agar bisa didekatkan ke truk dengan kondisi mati tersebut. Sehingga daya listrik yang dihantarkan dapat lebih optimal dan ruang gerak prosesnya lebih mudah dilakukan.

5. Hubungkan Kedua Kutub Aki Truk

Pertanyaan lain yang sering diajukan adalah apakah aki kering bisa dijumper? Jawabannya adalah bisa karena teknik jumper ini sangat sederhana, mudah dilakukan, dan hanya membutuhkan sedikit peralatan.

Kabel jumper ini tersedia di toko-toko aksesori maupun perlengkapan kendaraan. Caranya adalah menghubungkan kedua kutub aki optimal ke aki mati. Pastikan kabel bermuatan positif dihubungan ke kutub aki bermuatan positif juga.

Sama halnya dengan kabel bermuatan negatif harus dihubungkan ke kutub aki bermuatan negatif juga. Selanjutnya, Anda sudah dapat melakukan cara jumper aki truk melalui langkah-langkah berikut:

  1. Matikan kendaraan truk secara utuh dengan mengunci kontak off-nya.
  2. Periksa dahulu kedua kutub aki tersebut.
  3. Hubungkan kabel jumper bermuatan positif (warna merah) ke kutub aki truk yang mati pada bagian muatan positif juga.
  4. Hubungkan juga kabel jumper bermuatan negatif (warna hitam) ke kurub aki truk mati pada bagian muatan negatif juga.
  5. Dalam proses cara jumper aki truk ini, pastikan baik aki maupun kabel telah terhubung secara benar dan kuat.
  6. Nyalakan truk berkondisi optimal selama 1 – 2 menit kemudian injak gasnya secara perlahan.
  7. Hidupkan kembali mesin truknya, jika telah berhasil dapat ditunggu beberapa saat.
  8. Ketika mesin truk sudah berhasil kembali menyala, cara jumper aki truk selanjutnya adalah membiarkan saja sekitar 5 menit sambil menginjak pedal gas dengan putaran 2.000 rpm.
  9. Lepas kabel jumper dimulai dari bagian aki truk yang mati terlebih dahulu. Cabut bagian bermuatan negatif kemudian dilanjut bagian positif.
  10. Ulangi cara jumper aki truk beberapa kali karena terkadang saat awal-awal dayanya sulit diangkat. Nantinya aki akan terisi sedikit demi sedikit dan akan menyala dengan sempurna setelah melakukan percobaan jumper beberapa kali.

6. Tunggu Hingga Aki Terisi dengan Baik

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menunggu sampai aki terisi dengan baik. Biarkan mesin truk Anda tetap menyala selama kurang lebih 10 menit.

Proses ini bertujuan supaya aki soak sebelumnya bisa mendapatkan donor aki sedikit demi sedikit sampai kondisinya kembali optimal. Jadi cara jumper aki truk bisa mengatasi kondisi truk mogok dalam keadaan darurat.

7. Hidupkan Mesin Truk yang Tidak Mau Menyala

Langkah terakhir adalah menghidupkan mesin kendaraan truk yang tidak mau menyala tadi. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa melakukan jumper adalah pada kondisi darurat saja.

Jadi setelah kendaraan truk bisa dinyalakan kembali, sebaiknya segera bawa ke bengkel jumper accu terdekat. Dengan begitu truk bisa mendapatkan perawatan sekaligus perbaikan secara lebih optimal.

Namun tahukah Anda kenapa aki harus dijumper? Mesin truk yang tidak mau menyala umumnya disebabkan oleh kondisi aki melemah. Kelistrikan dalam truk tidak berfungsi maksimal sehingga aki harus diisi daya.

Bagi Anda pengusaha yang memerlukan layanan logistik dan ekspedisi, percayakan saja pada Yosua Logistik. Kami menyediakan armada berkualitas untuk menangani proses distribusi barang ke berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai perusahaan di bidang logistik, kami menjamin proses pengiriman dalam kondisi sempurna. Anda dapat mengunjungi laman website Yosua Logistik di https://yosualogistik.co.id/ atau hubungi via WhatsApp dibawah ini.

Agar kendaraan berfungsi maksimal, diperlukan perawatan secara berkala untuk meminimalisir risiko buruk. Setelah melakukan cara jumper aki truk saat kondisi darurat, pastikan setelahnya dibawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan intensif.

Baca juga : Perhatikan 10 Komponen Penting Ini dalam Perawatan Truk

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *